Sabtu, 11 November 2017

Jasa Strauss Pile dan Bore Pile Jabodetabek

Metode Bore Pile Mesin Jabodetabek

Pondasi Bore Pile adalah salah satu bentuk jenis dari berbagai macam jenis pondasi dalam, dengan memiliki bentuk silinder yang terdiri dari campuran beton bertulang dengan diameter tertentu yang dipasang didalam tanah.

Cara pembuatannya dengan menggunakan metode pengeboran yang panjang kedalaman sampai dengan tingkat kekerasan daya dukung tanah yang diperlukan untuk pondasi dasar suatu konstruksi bangunan.

Berikut ini tahapan pekerjaan pondasi bore piledengan mesin alat minicrane :

1. Pengeboran

Pengeboran tanah dapat dikerjakan dengan metode wet drilling (bor basah) dan dry drilling (bor kering), pengeboran tanah dikerjakan sampai kedalaman yang telah ditentukan sebelumnya atau sampai tanah keras yang memenuhi perhitungan daya dukung yang telah diperhitungkan sebelumnya yang biasanya mengikuti data sondir penyelidikan daya dukung tanah sebelum proses pelaksanaan pekerjaan bore pile dilakukan.

Pengeboran alat minicrane
metode bor basah


2. Pembesian

Setelah pekerjaan pengeboran/ pelubangan tanah selesai dikerjakan selanjutnya dengan memasukan tulangan besi yang biasanya sudah disiapkan sebelum pengeboran dikerjakan, bentuk dari besi tulangan  umumnya berbentuk silinder mengikuti bentuk lubang bor pile agar mendapatkan hasil daya dukung pondasi dalam yang dibutuhkan.

  
Proses memasukan besi tulangan kedalam lubang bor

3. Pengecoran

Tahap terakhir pengecoran terhadap lubang bor yang sudah dimasukkan besi tulangan tadi, untuk beton bisa digunakan sitemix dengan perbandianga sesuai standar SNI atau readymix bila lokasi memungkinkan.

Pengecoran bor pile
Proses pengecoran

Sebaiknya per satu lubang bor pile selesai dibor langsung dilakukan instalasi besi dan pengecoran untuk hasil yang maksimal, dalam proses pengecoran jika dalam pengeboran menggunakan metode bor basah maka pengecoran harus menggunakan pipa tremi sebagai penghantar beton sampai kedasar lubang bor agar tidak terlalu bercampur dengan lumpur limbah hasil dari pengeboran.

Beton dimasukkan dedalam pipa tremi yang sudah terpasang hingga kedasar lubang, pipa bergerak naik turun saat proses pengecoran berlangsung hingga lubang bor terisi penuh.


Dengan sudah dicornya lubang bor maka pekerjaanpondasi bore pile dapat dikatakan sudah selesai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar